Wisata Jakarta Instagramable Pelabuhan Sunda Kelapa
Photo by Hendra Yudha Pratama on Unsplash

Wisata di Jakarta Yang Instagramable Top 5!

Posted on 45 views

Wisata di Jakarta Yang Instagramable! Kata Siapa Liburan di Jakarta Itu Mainstream ?

“liburan di jakarta? Ah mainstream banget”. Pasti ada yang pernah beramsusi seperti itu, iya kan? Nah, sekarang buang jauh jauh asumsi seperti itu.

Jakarta itu ngga cuma sekadar kota yang penuh sama gedung gedung pencakar langit, macet di setiap waktunya dan banjir yang meluap ketika musim hujan datang.

Jakarta juga punya sisi lainnya kok, malah menurut saya banyak. Dibalik kehidupan metropolitan, jakarta memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibukota paling menarik yang wajib dikunjungi para turis dan masyarakat lokal tentunya.

Jakarta itu punya banyak banget destinasi yang menarik. Mulai dari wisata, budaya, kuliner, belanja, alam, edukasi, hingga spot – spot foto yang tersedia di sini. Jadi, mau tau tempat wisata mana aja yang anti mainstream? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Monas

biaya hidup di jakarta

Siapa sih yang nggak kenal monas? Monas ini adalah satu satu tugu yang paling ikonik dan sudah terkenal di mancanegara. Selain menjadi ikon kota jakarta, monumen yang memiliki tinggi 132 meter ini merupakan tempat wisata yang menarik bagi warga lokal maupun turis. Kenapa?

Monas ini memiliki tempat edukasi (museum) didalam nya. Di Monas kamu bisa belajar banyak tentang sejarah dari diorama yang menceritakan perjuangan masyarakat nusantara yang berusaha memperjuangkan kemerdekaan RI. Kamu juga bisa menikmati pemandangan kota jakarta dari puncak monas.

Untuk kamu yang doyan foto kamu tak perlu khawatir untuk menemukan spot foto terbaik, disini kamu bisa mengambil foto dari semua titik.

Kamu juga bisa memanfaatkan lapangan monas untuk olahraga, bahkan banyak juga keluarga yang piknik di Monas sambil duduk dibawah pohon dan mengawasi putra – putri mereka yang sedang bermain.

Kalau kamu kelaparan dan lupa bawa makanan, tenang … kamu bisa mampir ke Lenggang Jakarta. Lenggang jakarta adalah taman kuliner yang menjual aneka makanan. Gimana? Gabakal nyesel deh kalau kamu menghabiskan akhir pekan mu disini.

Wisata Jakarta yang Instagramable

  • Pelabuhan Sunda Kelapa
Wisata Jakarta Instagramable Pelabuhan Sunda Kelapa
Photo by Hendra Yudha Pratama on Unsplash

Pelabuhan sunda kelapa merupakan tempat wisata anti mainstream di Jakarta (menurut saya). Karena, ditengah hiruk pikuk nya kota jakarta,ternyata kita masih bisa mengulik wisata di Pelabuhan Sunda Kelapa ini.

Meskipun pada umumnya pelabuhan bukanlah tempat yang menarik untuk dikunjungi, kecuali untuk menyebrang. Namun, lain halnya dengan pelabuhan yang satu ini.

Dari pelabuhan ini kamu bisa memandang hamparan laut luas beserta kapal kapal pinisi yang sedang bersandar. Bagi para pecinta hunting foto, tempat ini tak boleh di lewatkan, karena kamu bisa banyak mendapat hasil foto yang memuaskan.

Banyak peti kemas berwarna – warni yang ditumpuk, sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Puncak nya ketika sunset mulai mewarnai langit jakarta. Benar benar view yang membuat mata tenang.

  • Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk
Wisata Jakarta Instagramable - Hutan Mangroove
Source: www.thetripcorner.com

Kamu sudah jenuh dengan view yang setiap hari melulu gedung – gedung pencakar langit? Ingin melihat yang hijau – hijau? Coba berkunjung ke Hutan Mangrove di daerah PIK.

Disini kamu bisa menikmati hijaunya kawasan hutan bakau yang masih sejuk dan asri. Di sepanjang lorong hutan yang diselimuti pohon bakau disini, kamu ga akan kehabisan spot foto.

Disini kamu juga bisa menyusuri rimbunnya kawasan hutan mangrove degan menyewa perahu. Selain menyewa perahu, kamu juga bisa menyewa kano atau sepeda air untuk menikmati udara sejuk dan segar di Jakarta.

Sudah puas menyusuri kawasan hutan mangrove? Sekarang saatnya menikmati sunset yang cantik. Kamu juga bisa menaiki menara yang terletak di salah satu sudut hutan mangrove untuk melihat pemandangan sunset lebih jelas.

Sudah menyusuri rimbunnya hutan mangrove dan menikmati pemandangan sunset dari hutan mangrove tapi belum mau pulang? Kamu bisa menyewa pondok – pondok kecil yang terletak di sepanjang kawasan hutan mangrove.

  • Petak Sembilan
Wisata Jakarta Instagramable - Petak Sembilan
Source: www.medcom.id

Bisa bibilang Petak Sembilan adalah Chinatown – nya Jakarta. Ketika pertama kali kamu memasuki kawasan pecinan ini, kita akan merasa sedang berada di kawasan tiongkok.

Akan ada banyak penjual yang menjual pernak – pernik khas tionghoa. Sebenernya Petak Sembilan adalah sebuah nama gang kecil, dimana banyak sekali penduduknya yang keturunan tionghoa.

Selain menjual segala pernak – pernik khas tionghoa, disini kamu juga akan banyak menemukan jajanan kuliner yang bisa kamu nikmati. Jika kamu datang kesini jangan hanya berburu pernak – pernik lucu dan kuliner nya saja.

Tapi, mampir lah ke Kelenteng Kim Tek Le atau yang biasa disebut Vihara Dharma Bakti. Kamu bisa melihat bagaimana suasana dalam vihara yang di dominasi oleh warna merah, wangi dupa dimana – mana dan orang – orang kong hu cu yang sedang beribadah. Tapi, jangan sampai mengganggu orang yang sedang beribadah ya.

Wisata Jakarta Yang Instagramable

  • Museum Fatahillah dan sekitarnya.
Wisata Jakarta Instagramable - Museum Fatahillah
Photo by rohiim ariful on Unsplash

Museum fatahillah juga tempat wisata jakarta yang instagramable dan merupakan salah satu tempat paling ikonik karena pernah menjadi pusat pemerintahan Belanda pada saat Jakarta masih bernama Batavia.

Museum fatahillah adalah salah satu spot menarik untuk dikunjungi. Karena disini kamu akan menemukan banyak sejarah tentang perkembangan pemerintahan belanda pada jaman dahulu lengkap dengan gedung – gedung peninggalannya yang sangat instagramable untuk dijadikan spot foto.

Selain museum fatahillah, kamu juga bisa mampir ke museum wayang yang letaknya di sebelah kanan gedung Museum Fatahaillah. Di museum wayang kamu bisa melihat lebih dari 4000 wayang yang dipamerkan dan berasal dari berbagai penjuru nusantara.

Keluar dari museum wayang, mampir lah ke museum keramik dan seni rupa yang terletak di sebelah kiri gedung. Di dalam museum ini kamu akan melihat berbagai macam kerajinan dan seni rupa dari jaman kerajaan majapahit sampai sekarang. sudah puas berkeliling museum?

Sekarang saatnya berburu kuliner. Masih di sekitaran Museum fatahillah, tepatnya di depan museum fatahillah ada sebuah restoran dengan nuansa belanda.

Cafe batavia namanya. Cafe ini menyuguhkan berbagai mavam masakan western dan asia. Tak hanya menikmati makanannya, kamu juga bisa menikmati suasana restoran yang klasik dan mewah.

  • Kepulauan Seribu
Wisata Jakarta Instagramable - pulau seribu
Source: www.exploreseribu.com

Ingin mencicipi wangi laut wisata jakarta yang instagramable dan merasakan segarnya snorkeling tapi tak mau pergi jauh ke luar daerah? Menyebrang lah ke pulau seribu. Ada banyak pulau yang menarik untuk dikunjungi.

Jika kamu ingin melihat keindahan bawah laut di tengah kota yang metropolis ini, datang lah ke Pulau Untung Jawa. Selain itu, Pulau Pramuka dan Pulau Harapan juga bisa menjadi pilihan destinasi mu selanjutnya untuk melakukan olahraga air.

Gimana? Siap mengisi weekend mu keliling jakarta? Atau masih pengen liburan ke luar jakarta? kalau iya coba pikir – pikir lagi deh.

Jakarta itu indah kok, jangan liat macetnya aja. Masih banyak tempat wisata jakarta yang instagramable yang bisa kita ulik lebih dalam. Selamat berlibur dan sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya.

 

One thought on “Wisata di Jakarta Yang Instagramable Top 5!

Leave a Reply