pengertian psikologi eksperimen
Photo by Daria Nepriakhina on Unsplash

Apa Sih Pengertian Psikologi Eksperimen Itu?

Posted on 19 views

Pengertian Psikologi Eksperimen (Red). Hai teman-teman, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang ilmu-ilmu psikologi untuk tema kali ini saya akan menjelaskan tentang psikologi Eksperimen. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, kalian bisa membaca artikel ini untuk menambah pengetahuan kalian tentang ilmu-ilmu psikologi.

Psikologi dapat diartikan sebagai  ilmu yang mempelajari mengenai psikis seseorang, Psikis sendiri merupakan keadaan jiwa yang bisa dipelajari melalui proses berfikir atau kognisi, emosi atau afeksi, dan perilaku atau konasi. Namun bagaimana dengan psikologi eksperimen? Kenapa bisa disebut psikologi eksperimen?

Pengertian Psikologi eksperimen dapat diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang penelitian eksperimen. Penelitian yang dimaksud adalah penelitian yang lebih difokuskan pada kasus penelitian yang berhubungan dengan psikologis seseorang, psikologi eksperimen adalah salah satu dari beberapa metode penelitian ilmiah.

Penelitian ilmiah yang merupakan sebuah penelitian yang terkontrol, tersistematis, kritis tentang fenomena atau kejadian yang diangkat yang juga didasari oleh teori dan hipotesis.

Berbicara tentang Eksperimen, apakah kalian pernah membuat sebuah eksperimen? Jika pernah, eksperimen yang dimaksud ini tidak jauh beda dengan eksperimen yang pernah kalian buat.

Mengapa demikian? Itu dikarenakan semua tujuan dari eksperimen adalah salah yaitu membuat suatu penelitian yang difokuskan pada satu kasus itu.

Beberapa Ilmuan  psikologi menjelaskan bahwa psikologi merupakan sebagai ilmu pengetahuan dimana didalamnya mempelajari tingkah laku manusia baik sebagai individu ataupun dalam hubunganya dengan lingkungan dan tingkah laku. Maksudnya adalah tingkah laku yang tampak maupun yang tidak tampak, baik yang disadari maupun tidak.

Tidak hanya benda yang bisa dijadikan eksperimen, kebiasaan manusia, kebiasaan hewan, kebiasaan tumbuhan, tingkah laku seorang individu, hewan bisa juga dijadikan sebuah eksperimen.

Eksperimen sendiri memiliki artian sebagai metode dalam ilmu pengetahuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan sementara atau sebagai hipotesa secara ilmiah.

Perbedaan dari metode eksperimen dan metode ilmiah lainnya adalah adanya dilihat dari perlakuan atau manipulasi terhadap subjek penelitian.

Beberapa ahli juga menjelaskan bahwa pengertian psikologi eksperimen merupakan salah satu dari cabang ilmu psikologi yang menitikberatkan atau memfokuskan perhatiannya pada penggunaan metode penelitian eskperimen dalam meneliti dan mengembangkan ilmu psikologi.

Psikologi eksperimen sebagai cabang dari ilmu psikologi mengkaji beberapa proses psikis seseorang, diantaranya adalah misalnya proses sensing, proses perceiving, proses learning atau pembelajaran dan proses persepsi tentang pemikiran seseorang mengenai dunia atau bagaimana seseorang memandang kehidupan.

Dalam konteks positif atau empiris, pengamatan dari seseorang dilakukan dengan metode eksperimen sebagai sebuah metode yang logis yang dapat diandalkan untuk merinci dan menjabarkan (mendeskripsikan), juga menjelaskan (Explanation), serta meramalkan (Prediction), dan kemudian mengendalikan (Control) secara akurat proses-proses yang dialami sebagai tindakan nyata atau realitas.

Kenyataan atau realitas yang saling berhubungan dipercaya bisa mendaterminasikan bahwa perilaku dari seseorang pasti memiliki sebab , atau dalam hal ilmiah memiliki determinan, hanya saja kenyataan-kenyataan tersebut tidak dapat dijelaskan dengan pendekatan-pendekatan ilmiah seperti pendekatan tenacity, intuisi, authority, bahkan tidak juga bisa dijelaskan secara rasional menurut akal sehat seseorang, akan tetapi keadaan ini dapat dijelaskan dengan menggunakan metode eksperimen.

Eksperimen bisa jadi menarik sewaktu-waktu jika berfokus pada satu kasus, dan bisa jadi membosankan sewaktu-waktu. Tetapi jika ber eksperimen tentang tingkah laku manusia, apa kalian akan bosan? Atau mungkin sangat tertarik? Kalian bisa mencobanya sendiri, seperti membuat suatu eksperimen tingkah laku seseorang yang dituliskan dibuku kecil atau di note kecil untuk menjadi bukti penelitian kalian. (pengertian psikologi eksperimen)

Pengertian Psikologi Eksperimen Metode

Metode eksperimen dapat dijadikan sebagai metode yang dapat menjamin pengamatan yang objektif. Observasi yang berdiri sendiri dari opini yang bias.

Perlu juga diketahui bahwa yang dimaksud dengan metode eksperimen yang dimaksud dalam hal ini  adalah suatu metode ilmiah yang memuat berbagai unsur-unsur yang logis mulai dari unsur pengidentifikasian masalah dan hipotesis sampai pada unsur penulisan laporan penelitian.

Penelitian ini bukan  secara teknikal akan tetapi dibuat dengan perlakuan khusus pengimplementasian pendekatan ilmiah.

Dalam pembahasan yang berkonteks positifisme ada beberapa metode lainnya, misalnya saja seperti metode deskriptif yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan tentang suatu situasi dan kondisi, kejadian, atau kumpulan kejadian secara spesisfik atau partikular.

Baca Juga…

Pengertian Psikologi Pendidikan

Pengertian Psikologi Sosial

Ada beberapa penelitian yang merupakan bagian dari penelitian metode deskriptif. Beberapa contohnya adalah observasi naturalistik, secondary record, dan field studiesyang setidaknya terdiri atas empat metode yang secara detail. Empat metode tersebut yaitu participant observation, survey (survey, correlation studies, longitudinal and cross studies), sebagai contoh adalah post facto studies dan meta analysis.

Metode eksperimen dikenal sebagai metode yang paling tepat dan mampu menjamin dapat diketahuinya hubungan atau asosiasi sebab-akibat diantara realitas-realitas yag diteliti, akan tetapi metode psikologi eksperimen ini  juga memiliki beberapa kekurangan.

Misalnya saja, dikarenakan metode ini cenderung dilakukan di laboratorium, maka hasil dari penelitian ini akan sangan eksklusif dan terbatas, dalam artian hanya dapat dibenarkan atau dilegitimasi untuk eksperiman yang dilakukan saja (penelitian terkait) yang akhirnya mengakibatkan akan menimbulkan keraguan jika digunakan pada populasi yang lebih luas.

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya banyak orang yang akan selalu mencoba melakukan percobaan atau eksperimen dari hal hal yang dianggap baru, hal tersebut yang pada akhirnya menjadi pondasi kemunculan dari ilmu pengetahuan bernama psikologi eksperimen.  Karena pada waktu tersebut para ahli filosofi tentang ilmu baru yang berkaitan dengan psikologi eksperimen.

Nah itulah alasan mengapa ada ilmu psikologi eksperimen, karena munculnya didasarkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang yang suka melakukan eksperimen atau suatu penelitian pada satu kasus dan pada akhirnya menjadi pondasi yang kuat atas kemunculan psikologi eksperimen ini.

Psikologi yang ada pada masa sekarang ini, pada awalnya tidak tampak di ruang berfikir para intelektual, jadi dapat dipastikan sangat tidak mungkin ada pembahasan yang bersangkutan dengan psikologi ketika ia dimulai atau siapa yang bertanggung jawab terhadapnya.

Pada saat itu, para ahli hanya dapat menunjukan kecenderungan-kecenderungan dari filsafat dan ilmu pengetahuan alam yang sifanya benar-benar psikologis.

Bagi kalian yang suka bereksperimen jangan ragu, karena yang kalian lakukan adalah suatu hal yang wajar bisa didasari atas dasar penasaran atau karena memang sudah suka melakukan eksperimen, berkat kebiasaan sehari-hari orang bereskperimen munculnya ilmu psikologi eksperimen ini yang dapat membantu kalian atau orang-orang yang suka bereksperimen

Pandangan para filsuf menyatakan secara tegas dan yakin bahwa psikologi tidak akan pernah berakhir menjadi sebuah ilmu pengetahuan, berbagai aktifitas dan kandungan pikiran tidak dapat diukur dengan alat ukur apapun, oleh karena itu psikologi tidak mampu mencapai objektivitas sebagaimana pencapaian dalam ilmu eksak semisal ilmu kimia dan fisika.

Nah sekian nih yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini tentang pengertian psikologi eksperimen, saya harap artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca juga…

Baca Juga…

Pengertian Psikologi Konseling

Pengertian Psikologi Abnormal

Leave a Reply