Cara Menghasilkan Uang dari Internet. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, mengingat pertumbuhan pengguna internet atau biasa disebut Netizen atau warganet terus meningkat setiap tahun.

Laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), di Indonesia sudah lebih dari 50 % penduduk Indonesia sekitar 140 jutaan orang sudah terhubung dengan internet.

Baca juga : Pertumbuhan Pengguna Internet

Berikut ini rangkuman Cara Menghasilkan Uang dari Internet secara singkat:

1. Affiliate / Reseller

Affiliate atau Reseller prinsipnya adalah sama, mempromosikan dan menjual produk orang lain untuk mendapatkan komisi.

Ada banyak Web perusahaan besar yang memiliki program affiliate dan memungkin kamu untuk mendaftar seperti Amazon, Clickbank, Rakuten, Booking dll. Lihat Program Affiliate Terbaik.

Di Indonesia sendiri ada Blibli, tiket.com, Lazada, pegi-pegi dan banyak lagi.

Saya sendiri mengikuti program affiliate lazada karena ini yang paling mudah dilakukan, kamu cukup mendaftar di Lazada Affiliate lalu pilih produk di Lazada dan kamu akan diberi link tertentu dari Lazada dan promosikan link tersebut ke media sosial kamu seperti Facebook atau Twitter.

Jika teman kamu atau siapapun yang mengunjungi link yang kamu promosikan dan membeli, maka kamu mendapat komisi dari penjualan tersebut.

Komisinya berbeda setiap kategori produk dan bisa mencapai 5% / item, lumayan bukan? Lihat Cara Mendaftar Affiliate Lazada

2. Menulis Konten di Blog

Menulis konten di Blog diperlukan usaha yang sedikit keras bagi kamu yang kurang suka menulis, tapi itu tetap bisa dilakukan dengan kemauan yang keras. Kamu bisa menulis review produk orang lain atau mencoba menawarkan jasa penulisan di freelancer.com.

Bisa juga mendaftar di UC News, kamu mendapatkan imbalan sebesar $ 4.5 atau sekitar Rp 60.000 untuk setiap artikel yang diterbitkan dan mendapatkan 1000 views.

Indonesia punya Babe News, Babe News memberikan imbalan Rp 50.000 per artikel yang diterbitkan.

3. Jasa Khusus

Ini dibutuhkan kreatifitas yang tinggi karena harus memilik ide yang unik. Misalnya ada salah satu Netizen yang menyediakan pasangan sementara untuk acara tertentu, seperti pasangan ke pernikahan atau ke acara keluarga 😀

Tapi tetap harus sesuai dengan norma yang berlaku ya, jangan menyimpang.

4. Menampilkan Iklan di Blog

Pernahkah kamu mengunjungi blog atau website yang menyediakan informasi yang kamu cari, di sebelah kanan kiri website atau didalam artikel yang kamu baca ada iklan By Google.

Nah itu adalah Pay Per Click (PPC), Kamu harus punya blog untuk mengikuti program ini, saat pengunjung blog kamu mengklik iklan di blog kamu maka kamu akan mendapatkan bayaran.

Yang paling populer adalah Google Adsense, kalo di Indonesia ada adsensecamp, kumpulblogger.

Tidak ada yang tahu berapa bayaran yang didapat perklik, ini dirahasiakan oleh pengiklan. Semakin banyak yang pengunjung blog kamu ya semakin meningkat juga penghasilan kamu dari program ini.

5. Menjual Produk Sendiri

Kamu pembuat kue teruenak sekelurahan?? Kenapa tidak memasarkan kue kamu di internet?. Kamu bisa membuat instagram khusus untuk menjual kue, jika mau lebih profesional dan menjangkau pasar yang lebih luas kamu bisa membuat blog atau website sendiri.

Baca juga : Cara Membuat Website Profesional

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Intinya adalah kamu harus punya sesuatu untuk dijual baik menjual barang atau jasa. Internet hanyalah metode pemasaran untuk menjaring lebih banyak pembeli yang sangat efektif jika sudah tau caranya.

Untuk menjualnya pun kamu harus punya satu laman atau blog untuk mempromosikan produk kamu, atau hanya melalui Facebook, Instagram, Twitter atau Media Sosial Lainnya.

Agar kelihatan lebih profesional kamu bisa membuat blog domain dengan nama kamu sendiri atau nama produk kamu, contoh produkkamu.com atau nama kamu.com, namun ini membutuhkan sedikit biaya sewa hosting & domain pertahunnya.

Baca Juga:

Cara Membuat Blog dengan WordPress

Cara Membuat Blog Gratis

Itulah ringkasan Cara Menghasilkan Uang dari Internet, berikutnya saya akan share mengenai cara cara atau tips-tip tentang bisnis online.

Sukses selalu!