manfaat tomat untuk kesehatan
Photo by Slejven Djurakovic on Unsplash

9 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Posted on 31 views

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan (Red). Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengahdan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter.

Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam), serta belang-belang.
Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:

• granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),

• gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar ‘Gondol Hijau’ dan ‘Gondol Putih’, dan keturunan dari kultivar impor ‘Roma’) dan termasuk pula tomat buah,

• sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan

• ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Adapun fungsi atau khasiat umum dari buah Tomat ini, antara lain adalah sebagai berikut ini :

• Orang mengenal tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.

• Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

Tomat adalah sayuran dan buah yang merupakan bagian dari semua kebutuhan kuliner kita. Mengonsumsi tomat membantu meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dan juga meningkatkan rasa makanan.

Sembilan Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat memiliki beberapa manfaat tomat untuk kesehatan. Tomat membantu dalam menghilangkan beberapa penyakit berbahaya, tingkat kematian dan obesitas kalian secara keseluruhan. Tomat mengandung lycopene yang merupakan pigmen karotenoid yang membantu tubuh kalian dalam beberapa cara.

Baca juga Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Tomat juga dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa. Manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah.

Ini juga memberi kelegaan dari diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih. Secara keseluruhan itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh kalian.

Pada artikel ini terdapat sepuluh alasan mengapa Anda harus menambahkan tomat ke dalam makanan kalian setiap hari.

Adapun manfaat tomat untuk kesehatan yang paling utama, antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Mencegah Kanker
Tomat adalah sumber kuat antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat membantu mencegah kanker.

2. Melindungi Jantung Anda
Tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium yang tinggi efektif dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Inilah salah satu manfaat kesehatan tomat terbaik.

3. Mencegah Diabetes
Kandungan serat yang tinggi pada tomat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat dalam tomat membantu dalam mengelola kadar insulin.

4. Bagus untuk kulit
Tomat mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk sintesis kolagen. Ini membantu menjaga agar kulit tetap kencang, meningkatkan elastisitas dan menyembuhkan luka bakar.

5. Mengurangi Depresi
Menghilangkan depresi dan stres merupakan salah satu manfaat utama tomat. Folat yang ditemukan dalam tomat membantu mengatasi depresi dengan mencegah penumpukan homosistein (asam amino dalam plasma darah) berlebihan.

6. Meningkatkan Penglihatan
Tomat mengandung beta karoten dan vitamin A yang penting untuk menjaga penglihatan dan juga mendukung fungsi retina.

7. Memperbaiki Sistem Pencernaan
Tomat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menjaga sembelit dan diare. Ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh.

8. Melawan Peradangan
Untuk menghindari peradangan, kalian harus minum segelas jus tomat setiap hari. Ini membantu secara efektif dalam mengobati peradangan dan karenanya arthritis dan nyeri sendi. Inilah salah satu manfaat makan tomat.

9. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
Tomat sangat tinggi kandungan airnya dan karenanya mengurangi kemungkinan tertularnya infeksi saluran kemih.

Bagaimana menurut kalian manfaat tomat untuk kesehatan ini? Banyak sekali manfaatnya bukan? Saya harap bagi kalian yang tidak suka sayuran untuk memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur-sayuran seperti tomat salah satunya.

Jangan menyia-nyiakan kesempatan mudah untuk menjadi sehat. Marilah hidup sehat dengan mulai belajar makan sayur-sayuran sedikit demi sedikit agar tubuh kita menjadi sehat dan tidak mudah sakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati.Akhir kata, kesehatan mu adalah yang terutama dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya 🙂

Leave a Reply