Khasiat Kentang Untuk Kesehatan

Posted on 4 views

Khasiat Kentang Untuk Kesehatan (Red). Halo teman-teman, pada kali kesempatan kali ini saya akan memberitahukan kalian tentang khasiat kentang. Kentang ini pastinya ga asing lagi kan menurut kalian, karena kentang biasa ada dalam kehidupan kalian.

Contohnya seperti digunakan untuk makanan pokok karena memiliki karbohidrat, terkadang dibuat sayur seperti sayur sop. Kentang inu memiliki hanyak sekali manfaat, manfaat bagi yang mengelola dan manfaat bagi yang suka memakan kentang. Pertama-tama saya akan memberitahu manfaat kentang bagi yang mengelola,kentang ini bisa dijadikan menjadi berbagai macam makanan. Contohnya seperti podeng kentang, kentang goreng, kentang rebus, kue-kue kecil dan lain-lain.

Kemudian adapula khasiat kentang bagi kesehatan, pada artikel ini saya akan menjelaskan 5 Khasiat utama kentang bagi kesehatan.

  1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul yang lain. Oksidasi adalah suatu reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini.

Kentang ini sangat kaya akan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik. Senyawa-senyawa itu berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh. Bahkan kumpulan radikal bebas yang diprediksi dapat menyebabkan penyakit kronis seperti sakit jantung, diabetes dan kanker.

Penelitian dalam Nutrition and Cancer tahun 2011 menunjukan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. Maka itu, untuk menurunkan risiko semua penyakit tersebut, Anda bisa mengonsumsi kentang.

  1. Membantu mengendalikan Gula Darah

Banyak yang bilang kentang ini tidak bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita penyakit diabetes, mengapa demikian? Karena kebanyakan orang menganggap kentang mengandung banyak karbohidrat dan memicu gula darah menjadi tinggi atau naik. Sebenarnya itu adalah sebuah pemikiran yang salah, kentang ini dapat

Manfaat kentang yang lainnya adalah membantu mengendalikan gula dalam darah, jadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi diabetesi. Kentang banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus. Pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormon pengendali gula darah, menjadi lebih optimal.

Mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil. Terbukti bukan bahwa kentang ini baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, karena mampu membuat gula darah menjadi stabil kembali dengan pati resisten yang terdapat pada kandungan kentang. Yang lebih menarik adalah, kalian bisa meningkatkan kandungan pati resisten kentang dengan menyimpan kentang rebus di dalam lemari es semalaman lalu dimakan selagi dingin.

  1. Baik bagi pencernaan

Masih berkaitan dengan kandungan pati resisten, selain menstabilkan gula darah pati resisten ini masih memiliki fungsi lain yaitu bisa membantu memperbaiki sistem percernaan. Jadi setelah masuk ke dalam usus kita, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik yang berada didalam perut kita. Setelah memakan pati resisten, kemudian bakteri baik ini akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Nah, asam lemak rantai pendek ini yang punya segudang manfaat bagi kesehatan, contohnya dapat mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar). Selain itu asam lemak rantai dari pati resisten ini juga sangat penting untuk membantu orang yang sedang mengalami infeksi usus, seperti penyakit Crohn, atau divertikulitis.

Ayo kita mengkonsumsi kentang, sudah lumayan banyak kan manfaatnya? Ini baru beberapa saja masih ada lagi manfaat kentang yang lainnya.

  1. Bebas Gluten

Kentang ini terbebas dari yang namanya gluten, apa itu gluten? Gluten adalah protein yang ditemukan pada padi-padian dan serealia, gandum, gandum hitam (rye), jelai (barley) dan triticale. Gluten berperan sebagai lem yang membantu menjaga makanan tetap menempel dan menjaga bentuk makanan. Ada dua jenis utama protein pada gluten, yaitu glutenin dan gliadin. Saat kita mencampur tepung dengan air, maka protein gluten akan membentuk jaringan lengket yang mirip seperti lem.

Bagi orang yang mengalami masalah seperti menderita penyakit celiac, kentang bisa dijadikan pilihan yang tepat. Meskipun bebas gluten, tetapi tidak semua resep makanan dari kentang benar-benar bebas gluten. Beberapa hidangan kentang mengandung gluten seperti dalam saus, atau roti kentang. Jika Anda memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, pastikan membaca daftar bahan lengkapnya dahulu.

  1. Menjaga tekanan darah normal

Manfaat kentang yang paling penting adalah dapat menjaga tekanan darah normal atau membantu menstabilkan tekanan darah. Kentang merupakan sumber kalium yang baik, bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang buah pisang. Selain mengandung pati resisten kentang juga mengandung kalsium dan magnesium yang berperan penting dalam menstabilkan tekanan darah.

Nah bagaimana menurut kalian manfaat-manfaat dari kentang? Baik untuk kesehatan bukan? Ayo kita mulai mengkonsumsi kentang untuk kesehatan kita agar kita bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang saya sebutkan tadi.

Leave a Reply