Cara Membuat Takoyaki Sendiri Di Rumah

Posted on 31 views

Cara Membuat Takoyaki (Red). Hai teman-teman, apakah kalian tau apa itu takoyaki? Dan dari mana asal takoyaki ini? Lalu bagaimana cara membuatnya? Saya akan memberitahukan apa itu takoyaki, dari mana asalnya dan bagaimana cara membuatnya.

Takoyaki (たこ焼き) adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.

Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai camilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.

Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tetapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.

Pada mulanya, takoyaki dijual dengan menggunakan tusukan bambu dengan isi 3 buah per tusuk. Di sekitar tahun 2000 masih bisa dijumpai sebuah kios yang menjual takoyaki dengan tusukan bambu di Prefektur Aichi, tetapi sekarang sudah tutup dengan alasan usia lanjut penjualnya.

Harga takoyaki bisa berbeda-beda bergantung wilayah dan kios yang menjual. Satu set berisi 5-8 buah takoyaki biasa dihargai antara 200 yen hingga 400 yen. Di daerah Kansai, harga bisa menjadi lebih murah akibat persaingan ketat di antara penjual.

Di kota Osaka, kios penjual takoyaki bisa dengan mudah dijumpai di mana-mana. Penjual dengan kios yang agak luas kadangkala menyediakan ruangan khusus untuk makan takoyaki, tetapi takoyaki sering dinikmati secara santai sambil berdiri, berjongkok atau dimakan sambil berjalan. Pembeli bisa menonton penjual yang sedang membolak-balik takoyaki agar bulat seperti bola sambil menunggu pesanannya jadi. Takoyaki sebaiknya dinikmati di tempat dalam keadaan panas-panas, walaupun pembeli sering meminta dibungkus untuk dibawa pulang.

Takoyaki ini popular sekali di jepang sampai-sampai banyak film anime-anime yang memperlihatkan tokoh utama anime menyukai takoyaki. Contohnya dari anime Diabolik Lovers, sang karakter utama yaitu Sakamaki Ayato sangat menyukai takoyaki. Dia pernah menyuruh salah satu temannya untuk membuatkan takoyaki untuknya. Populer sekali ya takoyaki ini sampai-sampai masuk anime dijepang.

Takoyaki ini memiliki 4 jenis, penasaran kan apa saja jenisnya? Jenis-jenis takoyaki antara lain adalah :

  • Takoyaki polos

Tidak memakai saus, rasa kecap asin dan kadang-kadang dimakan bersama ponzu atau garam kasar

  • Takoyaki (dengan saus)

Permukaan dioles dengan saus ditambah mayonesaonori dan katsuobushi.

  • Takoyaki kecap asin

Permukaan dioles dengan kecap asin, sering dijumpai di daerah Nagoya dan sekitarnya

Penganan dari tepung terigu yang diencerkan dengan banyak telur ayam dan dashi, dihidangkan berjajar di atas piring serupa talenan dan dimakan dengan mencelupkannya kedalam sup berbahan dasar dashi.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat takoyaki adalah sebagai berikut :

  1. 5 sendok makan tepung terigu
  2. 1 sdm kaldu ikan bubuk
  3. 1 sdt kecap asin
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 butir telur
  6. Irisan daun bawang
  7. Keju parut
  8. Katsuobushi (optional)
  9. 200 ml air
  10. Potong dadu Gurita (bisa diganti isian lain)

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat takoyaki sederhana, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan takoyaki.
  2. Masukkan tepung terigu dalam wadah. Kemudian tambahkan kaldu ikan bubuk, garam, dan kecap asin. Aduk sampai rata.
  3. Lalu tambahkan telur. Kocok.
  4. Setelah dikocok dan telur menyatu dengan tepung, tuangkan air. Kocok sampai rata.
  5. Sebaiknya adonan dibikin cair tapi juga jangan terlalu cair.
  6. Setelah adonan siap, siapkan panci khusus takoyaki yang berbentuk bulat-bulat. Panaskan api dengan suhu kecil agar matang merata.
  7. Agar dapat terbentuk menjadi bulat penuh, tuangkan adonan sampai penuh dan tumpah-tumpah dalam satu lubang ke lubang lainnya.
  8. Sebelum dibalik, taburkan daun bawang, keju parut (optional), dan potongan gurita (optional).
  9. Setelah ditaburkan semua bahan isinya, balik adonan dan masak sampai berwarna kecoklatan.
  10. Setelah matang merata, angkat dan sajikan dalam piring saji. Tuang mayonaise dan saus takoyaki. Jika tidak ada saus takoyaki, bisa diganti dengan saus sambal. Kemudian taburkan katsuobushi di atasnya.
  11. Takoyaki siap untuk disantap.

Nah bagaimana nih pendapat kalian tentang takoyaki? Apa takoyaki adalah salah satu makanan favorit untuk kalian? Saya harap penjelasan dan cara-cara membuat takoyaki ini berguna untuk kalian yang membacanya.

Leave a Reply