bukit raya kalimantan
Source: Galeri Indonesia Kaya

Alasan Bukit Raya Kalimantan Termasuk Seven Summits di Indonesia

Posted on 37 views

Bukit Raya Kalimantan atau Gunung Raya terletak di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, Katingan, Kalimantan Tengah. Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 mpdl, jauh lebih rendah dibanding Gunung Papandayan di Garut yang memiliki ketinggian 2.665 mpdl dan Gunung Prau di Wonosobo yang memiliki ketinggian 2.565 mpdl.

Sebenarnya Pulau Kalimantan memiliki Gunung Kinabalu sebagai puncak tertingginya, tapi karena Gunung tersebut berada dibawah kedaulatan negeri Jiran akhirnya Bukit Raya lah yang dimasukkan kedalam the seven summits of indonesia.

Tapi kok bisa sih Bukit Raya termasuk kedalam seven summits di indonesia? Mau tau apa aja alasannya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1. Hutan yang masih sangat rapat

bukit raya kalimantan
Image Source: Gallery Indonesia Kaya

Bukit Raya adalah gunung yang memiliki Jalur Pendakian tersulit nomor dua setalah Jaya Wijaya. Jarang ada wisatawan atau pendaki yang datang ke Bukit Raya, ini disebabkan karena susahnya akomodasi transportasi yang bisa mencapai basecamp Bukit Raya.

Bisa dibilang hutan di Bukit Raya ini masih perawan. Hutan Bukit Raya masih sangat lestari akan flora dan fauna nya. Disini terdapat lebih dari 800 tumbuhan dan berbagai macam jenis tawon dan pacet dalam berbagai ukuran serta hewan liar lainnya.

Makanya jangan kaget kalau tiba – tiba dari balik baju mu mengalir darah segar, itu ulah si penghisap darah darah yang masuk diam – diam. Untuk pendaki yang pertama kali mengunjungi gunung ini, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu.

Selain jalur pendakiannya yang masih sangat rapat, cahaya matahari disini juga sangat terbatas dan udara yang lembab.

2. Rumah bagi hewan – hewan kecil

Bukit raya kalimantan 2
Image Source: lifestyle liputan 6

Hutan yang masih sangat lestari dan jarang terjamah, ditambah udara yang sangat lembab, sudah dipastikan akan ada banyak serangga mengerikan.

Pacet salah satunya, hewan penghisap darah ini sukses membuat pendaki yang berhasil mengunjungi Bukit Raya Klimantan kapok untuk kembali kesana. Sepanjang perjalanan akan ada saja pacet yang menempel di tubuh mu.

Meskipun kamu menggunakan pakaian yang tebal, hewan ini masih bisa menghisap darah kamu. Ini adalah tantangan tersulit bagi pendaki. Makannya sebelum kamu menanjak ke Bukit Raya sebaiknya kamu cari tau terlebih dulu ya bagaimana cara mengatasi pacet saat mendaki.

3. Bukit Raya Kalimantan Termasuk jajaran pegunungan Muller Schwaner

Bikit Raya bukanlah gunung berapi melainkan jajaran Pegunungan Muller yang berada di batas provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Dikutip dari Wikipedia, Muller adalah nama dari seorang komandan perang Belanda yang tewas di Jeram Bakang – Sungai Bungan.

Pegunungan ini mempunyai bentangangan seluas 860 ribu hektar dan Bukit Raya adalah salah satu gunung yang termasuk kedalam bentang ini. Pegunungan Muller termasuk kawasan hutan tropis dan keaneka ragaman hayati yang tinggi, inilah yang menyebabkan mash banyak pacet dan jalur pendakiannya yang masih rapat dengan pohon.

4. Biaya pendakian termahal nomor 2 setelah Jayawijaya

Letaknya yang sangat terpencil membuat biaya untuk mendaki gunung ini menjadi mahal. Perjalanan untuk bisa sampai ke titik awal pendakian membutuhkan waktu yang panjang dan sulit.

Bukit Raya memiliki 2 jalur pendakian, yaitu via Kasongan dan via Rantau Malam. Jika memilih via Kasongan sebagai jalur pendakian, ini akan memakan waktu lebih lama dan lebih panjang.

Tapi, informasi pendakian via kasongan sulit didapat, oleh karena itu orang – orang lebih sering memilih jalur pendakian via Rantau Malam walaupun harganya sangat mahal.

Baca juga :

Wisata Jakarta yang Instagramable

Cantiknya Pulau Pahawang Lampung

Sebagai informasi tambahan, berikut adalah tips untuk kamu yang berniat mendaki bukit raya Kalimantan yang puncaknya tertinggi di Kalimantan ini :

• Rencanakan perjalanan mu lebih awal dan jangan pergi saat high season atau musim liburan. Otomatis harga tiket pesawat akan melonjak tinggi dan harga transportasi dari Pontianak sampai ke titik awal pendakian pun akan lebih mahal juga.

• Persiapkan fisik dan mental. Pendakian Bukit Raya memakan waktu 6 hari dari naik hingga turun dan summit attack nya pun tidak mudah. Akan ada banyak tantangan untuk pendaki ditiap trek nya.

latihlah kesiapan fisik mu dengan sering melakukan peregangan setelah melalukan aktivitas olahraga agar tubuhmu dapat terlatih kelenturannya. Lakukan jogging selama dan sejauh sesuai kemampuanmu agar kamu tau seberapa kuat fisikmu.

Tambah kecepatan seiring waktu. Kamu juga bisa menambha aktivitas olahraga lainnya seperti push up, sit up atau pull up. Lakukan sesuai kemampuan mu dan tambahlah porsinya melebihi poris sebelumnya seiring waktu.

Bukit Raya Kalimantan

Selain persiapan fisik, persiapan mental pun akan sangat berpengaruh, karena jika mental mu fit, fisik mu pun akan fit, begitupun sebaliknya. Kondisi fit atau tidak memang tidak mudah, hanya diri kita sendiri yang memahami.

Jika kondisi mu tidak sedang fit ada baiknya tidak memaksakan diri.

• Pelajari setiap medan dan rute dari organisasi pecinta alam atau sesama rekan pendaki. Kemampuan navigasi juga harus kamu pelajari dan kamu miliki sebelum mendaki gunung ini.

• Mengatur manajemen logistik dan bahan makanan yang mencukupi dan jika suatu saat kamu kehabisan air, dalam keadaan terdesak kamu bisa mengambil air dari tumbuhan kantung semar.

• Bawa baju hangat, karena saat malam hari udara akan menjadi sangat dingin. Persiapkan juga obat – obatan untuk mengobati gigitan pacet, karena selama perjalanan akan ada banyak pacet yang pastinya menempel dan menghisap darahmu sembarangan.

Bagaimana? Tertarik menaklukan puncak tertinggi di Kalimantan ini? Tapi ingat ya, safety first. Jangan paksakan untuk melakukan pendakian jika kamu sudah tidak kuat atau pacet yang menggigit mu terlalu banyak. Beristirahatlah sejenak. Akhir kata, salam lestari dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Leave a Reply