belajar bahasa korea pemula
Photo by Alexandre Chambon on Unsplash

Belajar Bahasa Korea Pemula (Termudah)

Posted on 23 views

Belajar Bahasa Korea Pemula – Berkenalan Dengan Hangul Si Abjad Dari Korea, Yuk!

Annyeong! Di era jaman millenial kaya gini, pastisemua generasi z suka banget sama hal yang menyangkut sama korea – korea an.

Entah itu karena anggota boyband nya yang mulus – mulus dengan roti sobek merekat erat pada perut mereka, atau anggota girls band yang manis nya mengalahkan sari tebu asli medan atau mungkin juga karena drama nya yang kelewat romantis dan bikin baper semua penontonnya.

Nah, pasti kalian semua pengen banget dong ya bisa ngerti sama bahasa negeri ginseng ini. Biar nanti ga kaget lagi kalo tiba- tiba dikasih jodoh orang korea udah bisa diajak ngobrol deh, ga sekadar ngucap saranghaeyo aja. hehe. Mari belajar bahasa korea pemula..

Okay, saya sarankan sebelum kamu mempelajari kosakata sehari – hari nya kamu harus berkenalan terlebih dahulu dengan hangul/ 한글. Hangul / 한글 adalah huruf korea yangmenurut saya hurufnya paling mudah untuk dipelajari dibanding mempelajari hurufkanji (jepang).

Jika kamu belajar dengan bersungguh – sungguh saya yakin kamudapat menguasai baik itu membaca atau menulis hangul hanya dalam waktu 2minggu.

Hangul / 한글 terdiri dari 10 huruf vokal dasar (tunggal), 11 huruf vokal gabungan (diftong), 14 huruf konsonan dasar (tunggal) dan 5 huruf konsonangabungan.

Baik, mari simak baik – baik yuk seperti apa sih hangul itu dan bagaimana cara membaca juga membedakan mana huruf konsonan dasar, mana huruf konsonan gabungan, mana huruf vokal dasar dan yang mana huruf vokal gabungan.

Pola penulisannya adalah dari kiri ke kanan (horizontal) atau dari atas kebawah (vertikal).

Mari kita mulai berkenalan terlebih dahulu dengan huruf vokal dasar. Jika di indonesia kita memiliki 5 vokal yang terdiri dari huruf A, I, U,E dan O maka lain hal nya dengan negeri ginseng ini. Korea memiliki 10 huruf vokal dasar. Apa saja huruf nya? Yuk simak dibawah ini.

1. 아 Huruf a, dibaca a .

2. 야 Huruf ya, dibaca ya.

3. 어 Huruf eo, dibaca o.

4. 여 Huruf yeo, dibaca yo.

5. 오 Huruf o,dibaca o.

6. 요 Huruf yo, dibaca yo.

7. 우 Huruf u, dibaca u.

8. 유 Huruf yu, dibaca yu.

9. 으 Huruf eu, dilafalkan seperti kata “eram“.

10. 이 Huruf i,  dibaca i.

Sudah kenal dan paham dengan si vokal dasar? Sekarang mari kita pelajari huruf vokal gabungan. Huruf vokal gabungan atau diftong ini memiliki 11 huruf. Diftong merupakan huruf gabungan dari vokal rangkap dan konsonan.

1.   애 Huruf ae, dibaca e.

2.   얘 Huruf yae, dibaca ye.

3.   에 Huruf e, dibaca ye.

4.   예 Huruf ye, dibaca ye.

5.   외 Huruf oe, dibaca e.

6.   와 Huruf wa, dibaca wa.

7.   왜 Huruf wae, dibaca we.

8.   워 Huruf wo, dibaca wo.

9.    웨  Huruf we, dibaca we.

10.  위 Huruf wi, dibaca wi.

11.   의 Huruf eui, dibaca eui.

Baca juga

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Salam Sapaan Bahasa Jepang

Belajar Bahasa Perancis Pemula

Belajar Bahasa Korea Pemula

Sudah paham mana yang huruf vokal dasar dan gabungan? Sekarang saatnya kamu belajar huruf konsonan dasar. Jika di Indonesia terdapat 26 huruf konsonan maka korea hanya memiliki 14 huruf konsonan. Apa saja huruf nya? Yuk simak dibawah ini!

 1. ㄱ, huruf yang pertama adalah g atau dibaca k. Kenapa begitu? Karena tergantung posisi nya. Jikaㄱ berada di awal huruf biasanya akandibaca g tapi jika terdapat ditengah atau di akhir kata akan dibaca k. 

2. ㄴ, huruf n tetap dibaca n dimanapun letak posisinya.

3. ㄷ, huruf d atau t. Dibaca d jika berada di awal dan ditengah kata, serta dibaca t jika berada diakhir kata.

4. ㄹ, huruf  r atau l. Dibaca r jika berada di awal dan di tengah, serta dibaca l jika berada di akhir kata.

5. ㅁ, huruf m tetap dibaca m dimanapun letak posisi nya.

6. ㅂ, huruf p atau b. Dibaca p jika diawal dan dibaca p jika di akhir. Tapi, juga ada beberapa kata  yang menggunakan huruf ㅂdiawal dan ditengah lalu dibaca b dan ada juga yang membaca p di akhir. Tergantung suku kata nya.

7. ㅅ, huruf s atau t. Dibaca s jika terletak di awal dan ditengah lalu dibaca t jika berada diakhir.

8. ㅇhuruf ng atau tidak berbunyi.

9. ㅈ, huruf j dan t. Huruf ini akan dibaca j jika berada di awal kata dan dibaca t jika di akhir.

10. ㅊ, huruf c. Jika berada di awal dan tengah kata huruf ini dibaca c. Tapi, jika kamu menemukan huruf seperti ini di akhir kalimat huruf ini akan dibaca t.

11. ㅋ, huruf k. Tapi, cara membaca huruf ㅋ ini dengan k yang ini ㄱ tentu saja berbeda. Cara melafalkannya adalah kh. Kamu perlu sedikit mengeluarkannya dari kerongkongan mu.

12. ㅌ, huruf t. Untuk menulis kata yang berawal dengan kata t dalam bahasa korea ada baiknya kamu tulis seperti ini ㅌ, ketimbang dengan huruf-huruf lain yang bisa juga dibaca t ketika berada di posisi tertentu, kenapa begitu? Karena huruf-huruf lain itu tak pasti dibaca t. Semua tergantung posisinya. Sedangkan huruf yang ini kan sudah pasti dibaca t di semua posisi. Makanya kamu lebih baik menulis t yang ini, ㅌ.

13. ㅍ, huruf p tetap dibaca p.

14. ㅎ, huruf h tetap dibaca h. Tapi, awas keliru. Terkadangㅎ juga terdapat di akhir kata. Maka cara baca nya adalah t.

Belajar Bahasa Korea Pemula

Gimana? Pusing yah? Terlalu banyak ya yang dibaca jadi t? Haha. Sama saya juga waktu pertama kali belajar hangulbingung. Duh kok ini dibaca t semua. ini baru belajar bahasa korea pemula..

Eh lama – lama ngerti sendiri kalau ternyata huruf konsonan dasar itu dibacaberdasarkan posisinya. Tapi ada juga kok yang bacanya tetap seperti huruf ㄴ, ㅁ, ㅋ, ㅌ, dan ㅍ.

Lanjut ya, masih ada 5 huruf lagiyang harus kamu pahmi sebelum bisa belajar kosakata sehari – hari nya. Iniadalah huruf konsonan gabungan. Ya, konsonan gabungan memiliki 5 huruf yangterdiri dari :

1. ㄲ , huruf kk yang dibaca k.

2. ㄸ, huruf tt yang dibaca t atau bisa juga d.

3. ㅃ, huruf pp yang dibaca p atau b.

4. ㅆ, huruf ss yang dibaca s jika diawal atau t jika diakhir.

5. ㅉ, huruf cc yang dibaca c atau j.

Nah saran saya kamu harus sering –sering baca referensi dari google tentang pembahasan belajar hangul agar kamusemakin paham tentang hangul.

Kamu juga bisa mencari buku panduan belajar bahasa korea pemula di toko buku atau mungkin mengunduh aplikasi lancar berbahasa korea di play store.

Oh iya, jangan lupa berlatih cara menulisnya ya agar kamu semakin ahli belajar bahasa korea nya. Sekian dari saya tentang belajar bahasa korea pemula dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. 다시 봐요 J.

Leave a Reply