Pentingnya Attitude Dalam Dunia Kerja

Posted on 4 views

Attitude Dalam Dunia Kerja (Red). Attitude atau sikap merupakan cerminan dari kepribadian mu. Menjaga sikap sangatlah penting dimanapun kamu berada, apalagi dalam dunia kerja.

Attitude seorang karyawan merupakan cerminan suatu brand image bagi perusahaan. Apabila attitude seorang karyawan baik, otomatis citra perusahaan akan naik.

Sebaliknya, apabila seorang karyawan memiliki attitude yang buruk maka akan mempengaruhi buruknya pandangan masyarakat kepada perusahaan tersebut. Kenapa demikian?

Karena wajah perusahaan berada di tangan para karyawannya. Apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan jasa, maka perusahaan tidak membutuhkan karyawan yang individualis melainkan jiwa yang ‘melayani’.

Dalam dunia kerja kamu butuh attitude yang baik, attitude yang baik merupakan langkah awal untuk menghubungkan kamu dengan network yang luas agar kamu dapat partner bisnis, investor dan sebagainya yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Tapi, bagaimana bisa kamu mendapatkan network yang luas jika kamu memiliki attitude yang buruk? Yang ada orang – orang malas untuk dekat kamu.

Jika sudah malas bagaimana bisa kamu membangun hubungan kerja. Mau tau sikap dan attitude seperti apa yang harusnya dimiliki oleh seorang karyawan agar dapat membawa nama baik perusahaanya? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Mampu bekerja dengan baik dalam tim

Perusahaan membutuhkan orang – orang yang dapat bekerja sama, bukan orang – orang individualis. Dalam dunia kerja tidak dapat bekerja sendiri. Maka dari itu kita harus memiliki sikap yang mampu bekerja sama dengan baik dalam tim agar dapat peluang sukses perusahaan jauh lebih besar.

  1. Open Minded

Seorang Karyawan harus memiliki pemikiran terbuka. Setiap karyawan harus menerima segala perbedaan pendapat, budaya maupun lingkungannya.

  1. Jago bernegosiasi

Karyawan yang jago bernegosiasi adalah orang yang memiliki kepribadian supel, tegas dan berani mengambil risiko. Dalam dunia kerja tentu saja orang – orang seperti ini sangat dibutuhkan. Namun, ingat, tetpa jaga jaga bicara mu. Karena kamu membawa nama perusahaan, jaga nama perusahaanmu di depan kolega –kolega mu. Boleh saja bernegosiasi, asal jangan sampai menyinggung perasaan kolega mu.

  1. Profesionalisme

Profesional yang dimaksud adalah karyawan harus memiliki sikap untuk terus fokus bekerja, bertanggung jawab atas segala pekerjaanya, dan dapat bekerja keras. Sebagai nilai tambahan, masyarakat akan memandang baik sebuah perusahaan jika memiliki karyawan yang serba bisa. Maka dari itu, selain kamu memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi kamu juga harus serba bisa ya. Asal jangan sampai teledor dalam melakukan sesuatu, nanti nama perusahaanmu juga yang akan buruk.

  1. Jujur

Dimanapun kamu berada kamu juga harus memiliki perilaku yang jujur. Karena jujur akan menjauhkan kamu dari tindakan negatif atau curang (seperti korupsi). Sikap jujur akan membuat mu tampil apa adanya, cukup tampil adanya tanpa harus dilebih – lebihkan apalagi mengaku – ngaku hebat.

Baca juga : Cara mengatasi gugup berbicara didepan umum

  1. Rendah hati

Perusahaan tidak membutuhkan seorang karyawan yang angkuh ataupun sombong, apalagi sampai individualis. Perusahaan membutuhkan orang – orang yang tidak bersikap sombong, perusahaan mebutuhkan orang – orang yang mau diajak kerja sama dan memiliki komunikasi yang baik. Karena jika ada karyawan yang bersikap sombong, ini hanya akan membuat hubungan antar karyawan dan karyawan juga hubungan antar karyawan dengan atasan tidak baik. Yang tentu saja akan memperburuk citra perusahaan.

  1. Berpikiran kritis dan selalu ingin tahu

Perusahaan membutuhkan karyawan yang selalu ingin belajar, bukan hanya merasa cukup dengan ilmunya. Kamu perlu memiliki rasa kritis dan ingin tahu agar kamu bisa mengembangkan kemampuan mu dengan belajar hal – hal baru dalam dunia kerja. Tanya apapun yang dapat menambah ilmu mu ya, jangan sampai bertanya hal yang tidak penting dan akhirnya malah menimbulkan pembicaraan lainnya.

  1. Memiliki visi yang jelas

Karyawan yang memiliki tipikal seperti inilah yang dapat memajukan perusahaan. Karyawan yang memiliki visi biasanya pandai menyusun strategi bagaimana caranya memajukan perusahaan. Bahkan Eileen Sharaga, seorang psikolog karir mengatakan “sebuah perusaahan beruntung jika memiliki karyawan dengan karakter tersebut”.

  1. Berani tampi beda

Untuk menjadi karyawan yang dicintai perusahaan kamu mesti memiliki segudang kreativitas dan inovasi yang mampu mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar. Karena karyawan yang apa – apa hanya menunggu perintah atasan tidak akan membuat perusahaaan menjadi lebih besar.

  1. Berani mengambil keputusan

Berani mengambil keputusan tidak hanya diperuntukan untuk atasan, tapi semua karyawan. Orang yang memiliki kepribadian berani mengambil keputusan juga merupakan orang  yang memiliki karakter yang kuat dan daya tarik yang besar.

Sebagai tambahan kamu juga perlu menjadi pribadi yang tepat waktu. Orang yang suka datang terlambat adalah orang yang gak bisa menghargai waktu mereka.

Apalagi jika kamu ada janji dengan rekan bisnis mu dan kamu terlambat, pasti kamu akan dinilai setengah mata sama rekan bisnismu, karena kamu telah membuang waktu mereka hanya untuk menunggu kamu yang tidak bisa menghargai waktu.

Nah itu adalah beberapa point attitude yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sampai jumpa di di artikel berikutnya ya

Leave a Reply