pengertian psikologi industri organisasi
Photo by LYCS LYCS on Unsplash

Apa Sih Pengertian Psikologi Industri Organisasi Itu?

Posted on 24 views

Pengertian Psikologi Industri Organisasi (Red). Hai teman-teman, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang ilmu-ilmu psikologi untuk tema kali ini saya akan menjelaskan tentang psikologi Industri dan Organisasi. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, kalian bisa membaca artikel ini untuk menambah pengetahuan kalian tentang ilmu-ilmu psikologi.

Psikologi industri dan organisasi merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi. Psikologi industri dan organisasi membahas psikologi dalam lingkup organisasi atau aturan kerja.

Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut psikologi industri dan organisasi. Inggris menyebut psikologi industri dan organisasi sebagai Occupational Psychology.

Work and Organisational Psychology merupakan istilah yang digunakan di Eropa dan di Amerika cabang psikologi ini disebut sebagai Industrial and Organizational Psychology.

Psikologi ini membahas tentang lingkugan kerja seperti kerja dalam industry dan berorganisasi.

Pengertian Psikologi Industri Organisasi menurut Para Ahli

  • Blum dan Naylor,menyebut pengertian psikologi industri organisasi sebagai aplikasi dari fakta dan prinsip psikologi pada masalah dalam konteks bisnis dan indutri.
  • Guion,menjelaskan pengertian psikologi industri organisasi sebagai keilmuan yang mempelajari mengenai hubungan antara manusia dengan dunia kerja.
  • S Munandar, mendefinisikan pengertian psikologi industri organisasi sebagai keilmuan yang mempelajari tingkah laku dari manusia yang dikaitkan dengan perannya sebagai tenaga kerja dan konsumen baik secara perorangan atau sebagai kelompok.
  • Munsterberg, menyebutkan pengertian psikologi industri organisasi sebagai keilmuan yang mempelajari perilaku dari manusia didalam dunia kerja.

Baca Juga…

Pengertian Psikologi Pendidikan

Pengertian Psikologi Sosial

Perkembangan psikologi industri dan organisasi dapat dibagi menjadi beberapa fase. Fase yang paling awal adalah masa sebelum perang dunia terjadi.

Berikut ini perkembangan psikologi industri organisasi:

  • Pra Perang Dunia – Tahun awal (1900 hingga 1916)

Ada empat tokoh penting pada awal perkembangan psikologi industri dan organisasi, antara lain :

  1. Psychology of Advertising (Walter Dill Scott)

Pada Tahun 1901, Walter Dill Scott mengemukakan penggunaan psikologi di bidang periklanan. Walter Dill Scott kemudian menerbitkan buku yang berjudul The Teory of Advertising di tahun 1903 dan The Psychology of Advertising tahun 1908. Buku tersebut dipandang sebagai buku pertama yang membahas dunia kerja dari aspek psikologi.

Buku pertama Walter Dill Scott membahas tentang pendapat dalam mempengaruhi orang dan buku kedua bertujuan mengembangkan efisiensi manusia dengan memanfaatkan taktik seperti imitasi, kompetensi, loyalitas dan konsentrasi. Tahun 1911, Walter Dill Scott kembali mempublikasikan buku dengan judul Influence Men in Business and Increasing Human Efficiency in Business.

Keunggulan dari buku ini adalah, buku ini menjadi buku pertama yang membahas tentang pendapat dalam mempengaruhi orang dan buku ini juga bermanfaat untuk membangun bisnis yang sukses dengan taktik menarik pelanggan dan bagaimana cara mempengaruhi seseorang agar tertarik dengan bisnis ini.

  1. Scientific Management (Frederick Taylor)

Scientific Management dipelopori oleh Frederick Taylor. Scientific management membahas mengenai cara paling efisien dalam melakukan suatu pekerjaan serta menciptakan alat mekanik yang sesuai dengan struktur tubuh manusia. Alat mekanik tersebut digunakan untuk membantu melakukan pekerjaan.

Sarjana psikologi bersama dengan sarjana teknik melakukan eksperimen dalam menciptakan kesesuaian peralatan kerja, lingkungan fisik, proses kerja dengan berbagai keterbatasan manusia.

Pembahasan mengenai cara paling efisien dalam melakukan pekerjaan dan dapat menciptakan alat mekanis yang sesuai dengan struktur tubuh manusia, penemuan dari Frederick taylor ini sangatlah berguna dan benar-benar bermanfaat.

  1. Industrial Management Technique (Lilian Moller Gilberth)

Lilian Moller Gilberth merupakan psikolog wanita yang berkontribusi pada perkembangan awal psikologi industri dan organisasi. Lilian Moller Gilberth mengemukakan efek dari stres dan kelelahan pada tenaga kerja. Suaminya, Frank Gilberth adalah pioner dari teknik industrial manajemen.

Lilian merupakan psikolog wanita yang mengemukakan bagaimana efek dari stress dan kelelahan pada tenaga kerja. Hal yang dikemukakan lilian ini sangat bermanfaat bagi para pembaca untuk menjadikan tulisannya sebagai motivasi.

  1. Psychology and Industrial Efficiency (Hugo Munsterberg)

Hugo Munsterberg menerbitkan buku berjudul The Psychology of Industrial efficiency di tahun 1913. Buku karangan Hugo Munsterberg tersebut menjelaskan secara lebih luas psikologi di industri. Pemikiran Hugo Munsterberg menekankan ada perbedaan karakter individu dalam organisasi. Hugo juga menekankan perlunya meningkatkan pengaruh budaya dan sosial pada organisasi.

Buku ini sangat  bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai usaha, mengapa bisa dikatakan bermanfaat? Karena buku ini menekankan perbedaan karakter individu dalam organisasi yang bisa membuatkan peluang bagi kalian untuk mengerti satu sama lain.

  • Masa Perang Dunia 1 (1917-1918)

Pada masa ini para ahli psikologi yakin bahwa mereka dapat memberikan pelayanan yang bernilai bagi negara. Dalam masa perang dunia I, ada dua poin penting yang menjadi sejarah psikologi industri dan organisasi. Dua poin tersebut adalah

  1. Robert Yerkes : Army α dan Army β

Pada masa itu Robert Yerkes adalah presiden dari American Psychology Association (APA). APA membuat prosedur untuk penerimaan tentara atau army. Prosedur penerimaan tersebut juga melihat kesehatan mental dari calon tentara. Ahli psikologi juga menganalisa motivasi dan moral para prajurit.

Army Alpha merupakan seri tes intelijensi umum yang dikembangkan untuk para tentara dan Army Beta adalah tes khusus bagi calon tentara yang tidak dapat berbahasa inggris.

Prosedur penerimaan ini melihat kesehatan mental dari calon tentara, mengapa demikian? Jika fisik kuat belum tentu mental kuat, tetapi jika mental kuat masalah fisik bisa menjadi kuat kapan saja jika dilatih.

Baca Juga…

Pengertian Psikologi Konseling

Pengertian Psikologi Abnormal

  1. Walter Dill Scott: Job Analysis dan Performance Appraisals

Pada masa ini Walter Dill Scott dan asosiasinya membangun firma konsultasi psikologi yang mengaplikasikan prosedur job analysis pada U.S Army untuk sektor privat. Walter Dill Scott melihat perkembangan spesifikasi pekerjaan pada petugas di U.S Army sebelum memulai firma konsultasinya.

Saya setuju dengan pembahasan job analysis menurut walter dill sebelum memulai suatu pekerjaan alangkah baiknya membuat suatu prosedur dan mengaplikasikannya.

Nah sekian nih yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini tentang pengertian psikologi industri organisasi, saya harap artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya. Dan saya juga berharap kalian yang membaca artikel ini tidak bosan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply