Tidak terasa sudah lebih dari setahun pengalaman saya bekerja menjadi HRD di perusahaan swasta di Jakarta. Banyak pelajaran dan pengalaman bekerja jadi HRD yang saya dapatkan kan selama ini, yang mau bergabung dalam dunia HRD siapkan mental yaa.

Berperan sebagai HRD di satu perusahaan merupakan tantangan yang agak berat menurut saya, karena seorang HRD harus menjadi penengah antara manajemen dan karyawan, pengambilan keputusan yang adil sangat diperlukan disini, jangan sampai menimbulkan kesan HRD memihak ke salah satu saja.

Berdasarkan pengalaman bekerja jadi HRD, tugas HRD dibagi menjadi beberapa bagian, nantinya akan dibahas satu persatu, saya jelaskan saja garis besarnya, tugas HRD yang pertama adalah Rekrutmen dan seleksi, ini merupakan tugas yang harus dikuasai pertama kali jika ingin berkarir di dunia Human Resource atau Human Capital.

Rekrutmen merupakan proses penerimaan karyawan yang akan menempati posisi atau jabatan di suatu perusahaan, pengetahuan yang diperlukan yaitu alat tes psikologi, ini juga ada beberapa alat tes, bersukurlah jika Anda kuliah di jurusan Psikologi karena kuliah di jurusan Psikologi mempelajari kebanyakan alat tes. Namun jika kamu bukan dari jurusan psikologi, ada banyak pelatihan mengenai alat tes psikologi yang boleh digunakan oleh kalangan umum.

Tugas yang kedua yaitu Administrasi HR, seperti rekapitulasi Absensi, administrasi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan (dulu Jamsostek), membuat surat internal atau eksternal, intinya urusan surat menyurat, kalo kamu saat ini masih kuliah, ikutlah di organisasi dikampus agar terbiasa dengan urusan surat menyurat.

Tugas yang ketiga yaitu Hubungan Industrial, ini yang akan berhubungan dengan isu-isu yang terjadi perusahaan, mengenai PHK, kebijakan-kebijakan perusahaan yang berhubungan langsung dengan karyawan, tugas utamanya yaitu menjaga hubungan baik antara karyawan dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara karyawan dan manajemen perusahaan.

Tugas keempat yaitu Training atau pelatihan, tugas utamanya yaitu analisis mengenai kemampuan karyawan dibidang tertentu, baik itu soft skill atau hard skill dalam melakukan tugas sesuai dengan jobdeskripsinya. Dimulai dengan analisis kebutuhan pelatihan atau bahasa kerennya Training need analysis, dengan menggunakan beberapa metode seperti wawancara, fgd dll, detailnya lihat disini *link. Saat ini banyak perusahaan yang menggabungkan dua tugas dalam satu jabatan seperti Recruitment & Training Officer.

Tugas HRD yang kelima yaitu Legal, tugas ini banyak diberikan kepada lulusan ilmu hukum, tugas utamanya pasti yang berususan dengan legal atau hukum seperti penyusunan draft kontrak, perjanjian kerja, dll. Kenapa ini saya msukkan kepada tugas HRD, karena kebanyakan HRD yang lulusan Psikologi kurang kompeten untuk bidang ini. Jabatan legal staff atau legal officer sangat dibutuhkan jika tingkat keluar masuk karyawan di suatu perusahaan sangat tinggi dan memiliki banyak karyawan.

Tugas yang ke enam, Payroll atau penggajian, HRD harus mengetahui mengenai bagian dari gaji yang diberikan kepada karyawan, seperti gaji pokok, tunjangan-tunjangan, Lembur, potongan-potongan termasuk penghitungan Pph, tapi jarang sekali.

Secara singkat itulah pengalaman bekerja jadi HRD di salah satu perusahaan di Jakarta, mengenai Gaji kita akan bahas lebih lanjut di topik mengenai Gaji. Pengalaman baik yang saya dapatkan ditambah pengalaman tidak baiknya menjadi pelengkap dalam pengalaman hidup saya, untuk menjadi HRD saya juga dituntut untuk Multi tasking yaitu bekerja dengan beberapa tugas sekaligus, berat saat pertama, namun bisa karena terbiasa wkwk. Bosan itu manusiawi, untuk mengobati kebosanan saya bisa jalan-jalan saat weekend, atau dengan membagikan pengalaman saya ini menjadi obat saat merasakan kebosanan πŸ™‚

Be Happy πŸ™‚