biaya hidup di jakarta
Image Source : kabarwisatacom

Biaya hidup di jakarta tidak sebesar yang kamu perkirakan sebelum kamu benar-benar berada di Ibukota, biasanya sebelum kamu memutuskan untuk pindah ke jakarta kamu akan mencari informasi mengenai biaya hidup di kota metropolitan. Dan sampailah kamu di blog ini.

Sebelum kamu pindah ke Jakarta kamu harus tau dulu apa yang akan kamu lakukan, jangan sampai pindah ke jakarta dengan tanpa tujuan menambah tingkat pengangguran ibukota, ibukota memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang berada di daerah untuk mengadu nasib, karena memang Jakarta merupakan pusat bisnis di Indonesia.

Nah, sebelum kamu pindah ke Ibukota ada baiknya kamu tau informasi mengenai biaya hidup di Jakarta, aku sudah dua tahun berda di Jakarta, sebelumnya aku kuliah di Jogjakarta dan setelah lulus aku putuskan untuk ke Jakarta karena dapat panggilan wawancara kerja.

Saat pertama wawancara kerja di Jakarta tidak langsung bekerja karena harus mengikuti tahapan rekrutmen di salah satu perusahaan, yang pertama gagal, yang kedua juga tidak berhasil, nah baru wawancara yang ketiga aku bisa lolos dan mulai bekerja di akhir tahun 2015.

Saat baru pertama kali ke Jakarta kamu harus cari tau dulu, ada saudara atau teman di jakarta, karena sangat crowdednya kota bisa menyebabkan kamu tersesat wkwk. nah kalo punya saudara atau teman di jakarta bisa minta bantuan dia untuk hanya sekedar singgah semalam dua malam sampai kamu beradaptasi. O ya, kamu harus cepat beradaptasi dengan kota Jakarta, apalagi jika kamu punya kebiasaan atau kebudayaan yang sangat berbeda.

Oke, langsung saja kita bahas mengenai biaya hidup di Jakarta, karena saat ini tahun 2018 saya masih bekerja di kota ini. Sebenarnya biaya hidup di jakarta tidak terlalu besar seperti yang kebanyakan orang bilang ke kamu, yang besar itu gaya hidup, jadi kamu bisa menyimpulkan sendiri ya mengenai besar kecil biaya hidup kamu.

Jika kamu baru pertama kali ke jakarta untuk bekerja, anggap saja kamu freshgraduate yang bekerja dengan gaji UMP Jakarta 2018 yaitu 3.6, jangan berharap gaji gede dulu kalo baru pertama kerja, kecuali uda pengalaman :P, nah kita list dulu kebutuhan apa yang harus kamu penuhi untuk hidup sendiri di Jakarta, setidaknya kebutuhan primer kamu, saran gw kebutuhan Papan dan Panganmu aja dulu penuhin, baru yang lain. Oke di bawah ini list detail kebutuhan kamu selama sebulan.

1. Tempat tinggal

Kos menjadi pilihan yang terbaik saat pertama kali kamu datang ke jakarta, ada banyak pilihan yang bisa kamu jadikan tempat tinggal. Harganya sangat beragam, mulai dari 500rb – 3 jt, tergantung fasilitas dan lokasinya, semakin mahal jelas semakin banyak fasilitas yang kamu dapatkan, semakin dekat dengan pusat kota semakin mahal pulas harganya. misalnya untuk 500rb hanya kamar kosong dan kamar mandi diluar (pake bareng penghuni yang lain), yang 3jt AC, kamar luas, ada kamar mandi, laundry gratis, dibersihin pula, kemanan 24jam dll. kita ambil tengah aja ya, untuk fasilitas ada kasur, lemari, kamar mandi dalam di daerah Senayan itu 1jt (tahun 2018). Sebaiknya pilih tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja kamu, karena Jakarta ini yaa tau sendiri lah yaa macetnya lumayan nguras emosi.

2. Makan

Nah untuk makan juga kamu bisa memilih tempat makan, kalo kamu makan di food hall mall-mall di jakarta atau biasa makan junk food harganya kisaran 30rb-100rb sekali makan, hati-hati loh, itu makanan tidak sehat :p, tapi jika kamu makan di warteg (warung tegal) harganya mulai dari 10rb – 25rb.

3. Transportasi

Ini bisa kamu tentukan sendiri, jika kamu dapat kos yang agak jauh dari kantor bisa naik ojek online atau naik busway, seperti saran saya diatas sebaikknya kamu cari kos yang dekat dengan lokasi kerja kamu atau hanya sekali naik kendaraan umum. Kita tentukan aja kamu naik busway sekali naik Rp 3.500 pulang pergi Rp 7.000 / harinya.

4. Pulsa

Jaman now siapa yang tidak menggunakan handphone, dan pulsanya tentu sudah menjadi kebutuhan untuk komunikasi baik urusan pekerjaan atau komunikasi dengan keluarga atau gebetan :D, aku tentukan aja rp 100.000 /bulan.

5. Biaya lain-lain

Biaya yang ini bisa kamu pakai untuk sesekali nonton atau bersenang-senang bersama teman kerja, sekedar ngopi atau jalan-jalan ke tempat wisata di jakarta, kalo perlu pakailah untuk kegiatan yang produktif seperti membeli buku atau mengikuti seminar untuk menambah pengetahuan sesuai dengan bidang pekerjaanmu, biar cepat naik gaji wkwk. Nah sekarang ayo kita total semuanya.

1. Tempat tinggal (Kos)  = Rp 1.000.000

2. Makan: Rp 15.000 x 3 x 30 hari = 1.350.000

3. Transportasi : Rp 7.000 x 20 hari = 140.000

4. Pulsa = 100.000

5. Biaya lain” : Rp 200.000

Total = Rp 2.790.000

Oke, begitulah kira-kira biaya hidup di jakarta saat kamu baru bekerja pertama kali, dengan gaji UMP jakarta 2018 3,6 jt kamu masih bisa menabung Rp 810.000, ingat sedekah ya :), berusaha dan berdoa biar cepat sukses karirnya sampai biaya apapun bukan jadi masalah lagi buat kamu 🙂